BLC TELKOM KLATEN - Be Creative,Innovative and Share Your Knowledge to Others

Sunday, February 7, 2016

WorkShop PHP Indonesia

Workshop PHP Indonesia

JOGLO RAYA & BLC TELKOM KLATEN


     Hari ini BLC Telkom Klaten kembali kedatangan tamu yang sangat spesial, tamu yang sangat ditunggu-tunggu. PHP Indonesia mendatangi tempat prakerin kami dan mengadakan workshop dengan tema "Ini Webku, mana Webmu?".

     PHP Indonesia Joglo Raya (Jogjakarta, solo, dan sekitarnya) dan BLC Telkom mengadakan pelatihan secara gratis. Sungguh ilmu yang sangat mahal namun mereka rela membagikannya tanpa dipungut biaya apapun, termasuk biaya sertifikat bagi para peserta.

     Berbicara mengenai PHP Indonesia, apa sih PHP Indonesia itu? Siapakah mereka? Bagi yang belum tahu dapat membaca kutipan artikel dibawah ini.
     PHP Indonesia adalah sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP. Fokus utama kami adalah pemrograman menggunakan bahasa PHP, namun tidak menutup kemungkinan pembahasan yang mencakup keseluruhan LAMP stack. Topik bisa dari pemrograman PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan sebagainya.

     Kembali ke topik. Workshop dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka langsung oleh Mbah Suro Dhemit dengan penuh keceriaan. Nah, beginilah keseruan kami saat belajar bersama PHP Indonesia Joglo Raya dan BLC Telkom Klaten.



 Gambar 1

Pembukaan Workshop oleh Mbah Suro Dhemit


     Sekiranya pukul 10.30 WIB, workshop telah dimulai dengan beberapa orang pemateri dari PHP Indonesia komunitas Joglo Raya. Untuk hari pertama kami diberikan beberapa materi dasar pemrograman website, diantaranya HTML, CSS, jQuery, php, MySql, dan masih banyak lagi. 




 Gambar 2 dan Gambar 3

Beberapa orang pemateri dari PHP Indonesia sedang menyampaikan materi


     Workshop PHP Indonesia kali ini tidak hanya dihadiri oleh para pelajar yang sedang menjalankan prakerin di BLC Telkom Klaten saja, namun juga dikuti oleh Mahasiswa PPL dari Nabire, Papua, dan juga anggota komunitas PHP Indonesia. Masyarakat umum yang tak tergabung di PHP Indonesia pun boleh mengikuti workshop ini. Workshop diadakan selama 2 hari, yaitu Sabtu dan Minggu.

 
 
Gambar 4
Antusiasme para peserta workshop saat menerima materi dari narasumber


      Diharapkan dengan adanya workshop ini semua orang dapat memiliki website pribadi. PHP Indonesia menyediakan pula 5 hosting gratis bagi peserta yang memiliki website terbaik. 
     Hari pertama memang hanya berisi pengenalan dan penyampaian materi dasar pemrograman website. Baru untuk hari kedua dilanjutkan dengan materi live codding, artinya kita membangun website dari nol hingga menjadi sebuah website yang siap diakses melalui jaringan internet. 
     Ingin tahu keseruan kegiatan kami saat live codding ? Tunggu artikel selanjutnya!

Lanjutan WorkShop PHP Hari Ke-Dua

  Pada hari kedua Workshop PHP Indonesia di BLC TELKOM KLATEN agendanya adalah live coding dan full coding. Jadi 1 hari full kita belajar coding. Kami belajar coding PHP. Mulai dari coding perulangan menggunakan WHILE. Kemudian coding koneksi ke database. Lalu mengambil data dari database kemudian ditampilkan di web browser. Kemudian ada banyak lagi.

Berikut coding perulangan menggunakan while.

while ($row = mysqli_fetch_assoc($hasil)) {
        echo $row['judul'] . "<br>";
        echo $row['isi'] . "<br>";
    }

Berikut coding koneksi ke database.



Berikut coding menampilkan data dari database ke browser.



 Beberapa foto dokumentasi :






  Terima kasih telah membaca.
Share:

0 comments:

Post a Comment

LUPA JAM DAN TANGGAL ???

ivansys66.blogspot.com

ADD MY FACEBOOK

Total Pageviews

About us

Electro
Ivansys. Powered by Blogger.

Like This Theme