BLC TELKOM KLATEN - Be Creative,Innovative and Share Your Knowledge to Others

Tuesday, February 23, 2016

Revolusi Mental Pengendalian Diri

Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme

Dr. Petrus Darmadi


     Sabtu tgl 20 februari ini BLC Telkom Klaten kembali kedatangan tamu spesial, beliau adalah Dr. Petrus Darmadi. Dr. Petrus kembali mendatangi BLC Telkom Klaten untuk menyampaikan beberapa materi pembangun jiwa. Kata-kata motivasi pembangkit semangat, dan juga sebagai renungan untuk diri kita.
     Pada kesempatan ini , Dr. Petrus menyamkpaikan materi mengenai wawasan kebangsaan dan nasionalisme. Sebelum materi disampaikan, kita di putarkan sebuah film penggugah jiwa. Kisah seorang gadis kecil berusia 8 tahun dari China, yang rela menerpa kerasnya perjuangan hidup demi merawat ayah angkatnya yang sakit sakitan. Hutan belantara ia lalui setiap harinya guna menuntut ilmu setiap harinya. Sesampai di rumah, tak berhenti ia beraktivitas. Ia harus merawat ayah angkatnya yang sakit. Namun siapa sangka, dengan berbagai tantangan dan ujian yang ia hadapi, gadis kecil itu selalu mendapat nilai terbaik di sekolahnya mulai dari 99,95,91, bahkan ia berhasil meraih penghargaan.
     Sungguh, sebuah kisah yang sangat menginspirasi. di usia yang sedewasa ini saya belum bisa membuat orang tua saya bangga dengan apa yang telah saya lakukan selama ini . bahkan sering dari jiwa ini merasa hebat, merendahkan sosok ayah dan ibu yang sudah terlalu lelah demi mencukupi kebutuhan saya setiap harinya.
    Hanya air mata yang bisa melukiskan bagaimana perasaan saya saat ini. Ucapan maaf dan do'a selalu terlantun dari mulut ini untuk kedua orang tua saya. Namun, apakah itu sudah cukup? Tentu tidak. Atas ridho ibu bapak di manapun, kini saya selalu berusaha untuk menjadi anak yang bisa membahagiakan orang tua saya kelak.
     Perenungan dilanjutkan dengan do'a, lalu masuk ke materi utama. Sebelum Dr. Petrus menyampaikan materi, beliau memberikan kami sebuah pertanyaan melalui sebuah analogi. Satu kotak pensil, dengan isi beberapa ballpoint berbagai macam warna. dan kita disuruh berpendapat mengenai hal itu, dan akhirnya ditemukanlah suatu jawaban. Keberagaman itu indah. 
     Beliau mengutip salah satu ayat suci Al-Qur'an untuk meperkuat pendapat itu. Memang beliau seorang Katholik, namun hebatnya adalah Beliau mau untuk menerima kebenaran dari arah manapun. Sungguh figur yang patut dicontoh. Seseorang yang sangat bijak dalam hal toleransi beragama.
      Jangan jadikan agama sebagai alasan untuk perpecahan. karena pada hakikatnya semua manusia terlahir dalam keadaan suci. Hitam putih hidup seseorang, tergantung pada siapa yang melukisnya. Agama adalah pilihan, pilihan untuk menuju suatu kebenaran. Kita adalah negara yang beragama. Sudah sepatutnya lah Pancasila kita amalkan. Jangan pernah menutup diri untuk sebuah kebenaran. Namun, kita juga tak boleh mencampuri urusan agama lain. "Bagimu agamamu, bagiku lah agamaku". Kutipan ayat Al-Qur'an tersebut juga selaras dengan suatu piagam yang diciptak Rasulullaw SAW, yaitu Piagam Madinah yang sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.
       Allah SWT menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar saling mengenal dan mengasihi. Sudah sunatullah jika kita dalam hidup akan berkumpul dengan berbagai macam karakter manusia. Hidup bersosial harus lah menerapkan prinsip keorganisasian. Karena setiap manusia diciptakan dengan karakter yang berbeda-beda, maka kita harus mengalahkan egoisme demi kepentingan bersama.
      Setiap manusia memiliki potensi pada dirinya masing-masing. Sudah seharusnya jika kita harus tahu diri dan tahu potensi kita berada di bidang apa. Tidak ada manusia yang bodoh. Tidak ada sesuatu apapun yang dapat menghalangi manusia untuk menjadi pintar, kecuali rasa malas dan tak tahu diri, ataupun mengenal lingkungan. 
      Tahu diri berarti mengetahui dimana potensi dirinya. Kapan ia harus bekerja, dan tahu untuk apa ia hidup. Manusia harus bisa menganalisa potensi dirinya sendiri. Selain itu, management proyek juga sangat diperlukan. Analisis diri Anda dengan analisis SWOT (Strenght , Weakness, Oportunitie, Treathment). Selain itu, gunakan prinsip POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dalam management proyek Anda.
       Bangsa ini adalah bangsa yang dibangun oleh orang-orang hebat. Kita bukanlah keturunan orang-orang yang lemah. Kita bisa bangkit menjadi seperti Ir. Soekarno, KH. Abdurrahman Wachid, ataupun tokoh hebat lainnya. Asalkan kita mau berusaha dan belajar lebih keras, menjadi orang yang tahu diri, dan bisa mengembangkan potensi yang dianugerahkan Allah SWT kepada kita.
     Kita sebagai bangsa Indonesia harusnya mampu berdaulat (politik), berkepribadian (budaya), dan memiliki kemandirian serta berwawasan nusantara. Namun sayangnya, banyak orang yang tertidur dan lupa akan budaya ketimurannya tersebut. Bahkan mungkin kita termasuk dari mereka. 
     Jika pribumi Indonesia mampu memanfaatkan kekayaan alam yang ada, tanpa campur tangan bangsa asing, tak mustahil jika kelak akan tercapai sebuah negara yang darussalam. Darussalam berarti aman, dan sejahtera. Kembalikan negara ini ke konsep ammar ma'ruf nahi munkar. Hablum minallah, hablum minannass. Selalu mengajak sesama manusia berbuat baik, dan menjaga berbuat kemungkaran. Menjaga hubungan antara manusia dengan Tuhan, dan manusia dengan manusia.
     Jika konsep itu tak diterapkan, kehancuran negeri ini sudah di ambang pintu. Bangsa asing tak lagi menjajah negara ini dengan kekerasan fisik, tetapi mereka berusaha menghancurkan mental dan moral bangsa ini. LGBT (Lesbian, Gay, Bisex, Transgender), terorisme, korupsi, PNS bolos kerja dan bentuk kejahatan dan kerusakan mental apapun telah marak terjadi di negeri ini. Sungguh peristiwa yang menyedihkan.
     Marilah sebagai sesama anak bangsa, kita kembangkan potensi diri kita. Mari kita contoh para pejuang terdahulu. Mereka rela berkorban untuk kemajuan bangsa ini. Mari segera bangkit. Jangan pernah menunda tugas yang telah diwajibkan bagi kita. Man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.
Share:

0 comments:

Post a Comment

LUPA JAM DAN TANGGAL ???

ivansys66.blogspot.com

ADD MY FACEBOOK

Total Pageviews

About us

Electro
Ivansys. Powered by Blogger.

Like This Theme