BLC TELKOM KLATEN - Be Creative,Innovative and Share Your Knowledge to Others

Wednesday, March 23, 2016

Tutorial Install Portall

Cara Instalasi Portall Di Localhost Linux Ubuntu

Hari ini saya akan sharing tentang cara install portall dan apa itu portall web ? 
apa kalian sudah tau apa itu portall ?? , jika belum saya akan kasih tau sedikit tentang apa itu portall : Portall web adalah website yang menyediakan berbagai informasi dan fasilitas bagi pengunjungnya. Portal web yang mempunyai Kemampuan yang lebih spesifik yaitu penyediaan sebuah informasi yang bisa  diakses memakai menggunakan aneka macam perangkat, contohnya notebook, komputer pribadi, ,Personal Digital Assistant (PDA), atau bahkan telepon genggam.

 Nah selanjutnya saya akan berbagi bagaimana install portall .

1. Langkah Pertama kalian harus download CMS Portall Terlebih dahulu


2. Setelah download selesai, file tersebut kita pindahkan ke /var/www/html. Cara memindahkannya saya menggunakan terminal dengan cara "Nautilus" , lihat gambar di bawah ini .
file sudah saya pindahkan di /var/www/html



3. Lalu kita buka terminal , ketikan perintah cd /var/www/html/ls
setelah itu kita akan menemukan data portall.zip , nah kita unzip terlebih dahulu dengan cara "unzip portall.zip" setelah kita "unzip" kemudian kita "extract portall.zip", tunggu beberapa saat sampai selesai.






4. Setelah kita unzip dan extract maka data akan muncul di /var/www/html , seperti gambar di bawah ini.


5. Langkah selanjutkan kita akan membuat database terlebih dahulu melalu phpmyadmin kita beri nama "portall" setelah itu kita "creat", jika kalian belum menginstall phpmyadmin silahkan install terlebih dahulu.


6. Setelah kita membuat database , kita test di web browser dengan cara mengetikan di url "localhost/portall" jika berhasil maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.


7. Jika kita ingin mengubah portall yang sudah kita install ini , kita bisa membuka file portall di /var/www/html , lalu kita cari "index.html" untuk kita ubah sesuai keinginan kita. 

8. Ini contoh portall yang sudah saya ubah melalui index.htmlnya , lihat gambar di bawah ini.


Sekian yang bisa saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat , Apabila ada kesalahan dalam pengetikkan dalam postingan ini, saya mohon maaf.
Sekian & Terima Kasih..

Share:

0 comments:

Post a Comment

LUPA JAM DAN TANGGAL ???

ivansys66.blogspot.com

ADD MY FACEBOOK

Total Pageviews

About us

Electro
Ivansys. Powered by Blogger.

Like This Theme