BLC TELKOM KLATEN - Be Creative,Innovative and Share Your Knowledge to Others

Friday, March 4, 2016

PENGERTIAN DAN MACAM MACAM CMS

Hari ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan macam macam cms :

Content Management System (CMS) merupakan sebuah sistem aplikasi untuk website yang telah jadi dan bisa langsung digunakan oleh semua orang. CMS sangat berguna bagi orang-orang awam yang tidak mengerti mengenai bahasa pemrograman. Dengan menggunakan CMS maka orang-orang dapat membangun sebuah website seperti blog, toko online ataupun forum diskusi dengan mudah.

Di dalam CMS manajemen file-file juga sangat terstruktur. Setiap elemen antara isi dan tampilan desain terpisah sehingga memudahkan pengguna jika ingin mengedit atau menambahkan fitur yang mungkin belum tersedia di CMS tersebut. Fleksibilas sebuah CMS membuat CMS ini banyak dikembangkan oleh pihak-pihak lain. Apalagi jika CMS yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Hal ini lah yang membuat banyak developer-developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripada membuat sebuah aplikasi web yang baru.    
Berikut ini beberapa macam CMS yang sering digunakan oleh orang dan bisa dipasang di hosting Qwords.com :

1. CMS WordPress
CMS WordPress ini adalah sebuah CMS untuk kegiatan blogging. Namun sekarang ini banyak orang yang menggunakan CMS WordPress untuk membuat website perusahaan, toko online ataupun portfolio. Kemudahan dalam customize WordPress membuat orang paling sering menggunakan CMS ini.
2. CMS Joomla
CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Namun beberapa tahun terakhir banyak yang meninggalkan CMS Joomla karena banyak celah bug yang bisa dimanfaatkan orang untuk menghack situs kita.
 3. CMS Drupal engan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.

4. Aura CMS
Aura CMS merupakan CMS hasil buatan anak indonesia. Beberapa mengggunakan Aura CMS untuk membuat website pribadi ataupun website portfolio sebuah perusahaan. Namun karena kurangnya dukungan dari developer dan komunitas, Aura CMS tidak begitu familiar digunakan orang.



 5. CMS Opencart
CMS OpenCart adalah CMS khusus untuk membuat sebuah Toko Online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce.



6. CMS Prestashop
CMS Prestashop merupakan CMS yang hampir sama dengan Opencar. Prestashop dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah. Fitur-fitur prestashop juga hampir sama dengan yang diberikan oleh CMS Opencart.


7. CMS Moodle CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya.

8. CMS vBulletin
CMS vBulletin merupakan CMS yang dikhususkan untuk membuat forum diskusi seperti Kaskus, Ads ID dan forum-forum diskusi lainnya. CMS vBulletin dilengkapi modul-modul chat, private message dan fitus forum lainnya.


Ini adalah macam-macam CMS. Tapi saya dan teman-teman mempelajari CMS Formulasi dan ini sedikit penjelasan dari CMS Formulasi.

  CMS Formulasi adalah sebuah sistem manajemen konten (Content management system)yang dapat anda peroleh secara gratis, sebuah sistem sederhana yang kali pertama dibangun dari nol oleh sdr. Ari Rusmanto yang diberi nama Shoolhos. Seiring berjalannya waktu CMS ini ada beberapa perbaikan kode oleh sdr. Fauzan A Mahanani kemudia berubah nama menjadi CMS Formulasi.

Sekian dari saya semoga bermanfaat , semoga kalian puas dengan pengertian yang saya jelaskan .
Share:

0 comments:

Post a Comment

LUPA JAM DAN TANGGAL ???

ivansys66.blogspot.com

ADD MY FACEBOOK

Total Pageviews

About us

Electro
Ivansys. Powered by Blogger.

Like This Theme