BLC TELKOM KLATEN - Be Creative,Innovative and Share Your Knowledge to Others

Tuesday, March 22, 2016

Cara Membuat Database Melalui PHP MYADMIN Untuk Pemula

Cara Membuat database Sederhana Melalui PhpMyadmin

Hari ini saya akan sharing tentang cara membuat Database melalui PhpMyadmin.

Apa sih itu Database dan Phpmyadmin ?? Mungkin bagi orang yang belum paham tentang dunia I.T belum mengerti apa itu Database Dan Phpmyadmin.

 Database : 

 

Pengertian Database - Basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau di manipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.
Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu untuk tujuan tertentu pula.
Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.
Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat menghindari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, organisasi data, dan juga update yang rumit.
PhpMyadmin :

PhpMyAdmin adalah sebuah aplikasi web yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebagaimana aplikasi-aplikasi lain untuk lingkungan web (aplikasi yang dibuka menggunakan peramban atau browser), phpMyAdmin juga mengandung unsur HTML/XHTML, CSS, dan juga kode JavaScript. Aplikasi web ini ditujukan untuk memudahkan pengelolaan basis data MySQL dengan penyajian tampilan web (user interface) yang lengkap .
PhpMyAdmin merupakan aplikasi web yang bersifat open souce (sumber terbuka) sejak pertama kali dibuat dan dikembangkan. Dengan dukungan dari banyak developer dan translator, aplikasi web phpMyAdmin mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan ketersediaan banyak pilihan bahasa. Sampai saat ini, ada kurang lebih 65 bahasa yang didukung oleh aplikasi web phpMyAdmin.
Keberadaan phpMyAdmin yang dianggap sangat penting dan juga sifatnya yang terbuka menjadikannya salah satu aplikasi yang selalu ada di dalam cPanel (sebuah aplikasi populer untuk pengontrol website). Hal ini menunjukkan bahwa penyedia web hosting (web hosting provider) menaruh kepercayaan yang sangat bersar pada phpMyAdmin sebagai salah satu aplikasi web yang diinstal di server. Keuntungan hadirnya phpMyAdmin tidak saja dinikmati oleh penyedia web hosting, Anda juga bisa menginstal phpMyAdmin di server Anda sendiri asalkan syarat minimumnya (minimum requirenments) telah terpenuhi.
Versi terkini dari phpMyAdmin saat artikel ini ditulis adalah phpMyAdmin 3.5.2. Adapun syarat agar phpMyAdmin dapat diinstal dan berjalan dengan baik adalah:
  • PHP 5.2.0 atau yang terbaru.
  • MySQL 5.0 atau yang terbaru.
  • Web browser dengan memperbolehkan cookies.
PhpMyAdmin menawarkan fitur yang mencangkup pengelolaan keseluruhan server MySQL (memerlukan super-user) dan juga basis data tunggal. phpMyAdmin juga mempunyai sistem internal yang digunakan untuk mengelola metadata dan mendukung fitur-fitur untuk operasi tingkat lanjut. Melalui sistem administrator, phpMyAdmin juga dapat mengelola users dan sekaligus hak aksesnya (privilage). Nah, bagi Anda yang kususnya bekerja sebagai database administrator dengan MySQL sebagai basis data pilihan, tidak ada salahnya menggunakan phpMyAdmin untuk kemudahan pengelolaan.
 Itulah sedikit ulasan tentang Database dan PhpMyadmin .
  • Langkah langkah cara membuat database sederhana dari PhpMyadmin.
1. Terlebih dahulu pastikan sudah menginstall PHP MYADMIN Untuk Pengguna Linux Bisa Intsall Melalui Terminal dan Bagi Pengguna Windows Kita bisa Menggunakan Xampp .
2. Login PhpMyadmin Terlebih dahulu , lalu kita -- "Go".

3. Setelah login maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. lalu kita pilih "Database".


4. Setelah pilih "Database" , maka akan muncul gambar seperti ini . Lalu isi kolom "Created database" diisi dengan 'db_sederhana', seperti dibawah ini, lalu klik "Created".


5. Setelah kita "Created" , lalu kita Klik pada kolom "db_sederhana" setelah itu Lalu isi tabel dan colum yang kosong tersebut sesuai keinginan anda, dan kita  klik "Go" (liat gambar dibawah ini):




 6. Setelah kita klik "Go" nanti akan muncul seperti dibawah ini :


7. Lalu isi kolom-kolom tersebut sesuai dengan keinginan anda dan ganti type sesuai keinginan anda dan A_I agar data yang kita masukkan tidak sama .


 Pada field id_name pada index pilih PRIMARY & centang pada bagian A.I (auto increment).
8. Lalu klik "Save", maka akan berubah seperti gambar dibawah ini:


Mungkin itu yang bisa saya bagikan hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat penulisan yang kurang tepat atau kesalahan dalam pengetikan, saya mohon maaf.

Sekian & Terima Kasih.



 
Share:

0 comments:

Post a Comment

LUPA JAM DAN TANGGAL ???

ivansys66.blogspot.com

ADD MY FACEBOOK

Total Pageviews

About us

Electro
Ivansys. Powered by Blogger.

Like This Theme