BLC TELKOM KLATEN - Be Creative,Innovative and Share Your Knowledge to Others

Monday, April 11, 2016

WorkShop PHP INDONESIA Tentang Postgresql


Pada minggu tanggal 10 April 2016 Jam 13.00 WIB , Blc telkom mengadakan workshop bersama PHP Indonesia mengenai Postgresql yang di isi oleh Mbk April (Aponx) dari PHP Indonesia. pada workshop kali ini kita di jelaskan mulai dari pengertian postgresql, instalasi,praktek membuat database menggunakan postgresql,membuat tabel, dan Sampai mengkoneksikannya.

Pengertian PostgreSQL.
PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.

PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang “kuat”, “handal”, “integritas data”, dan “akurasi data”
Referensi : wikipedia.org

Instalasi Postgresql

Untuk Proses instalasi ini apabila anda sudah menginstal webserver seperti xamp/apache ,  php5. kita harus menginstal php5-pgsql karena untuk postgresql kita harus menginstal dulu php5-pgsql supaya postgresql bisa terinstal dan di gunakan.
Cara instalasi postgressql seperti dibawah ini.

# apt-get install postgresql postgresql-contrib 



Tunggu sampai Proses installasinya selesai.

Akses postgresql.

Setelah Instalasi selesai sekarang kita akan mencoba mengaksesnya , Cara mengakses postgres hampir sama ketika kita mengakses di mysql , Berikut cara untuk masuk ke postgresql .

1. Cara masuk Postgres seperti di bawah ini.
# sudo -i -u postgres



perintah diatas yaitu digunakan untuk masuk memanggil postgres pertama kalinya
2. Setelah itu ketikkan perintah selanjutnya:
# psql





Dan disini kita sudah masuk ke dalam postgresnya
3. Setelah itu kita create database terlebih dahulu:
# createdb ivansysrpl



4. Setelah membuat databasenya kita akan memanggil databasenya , dengan perintah berikut:
# psql ivansysrpl



5. Setelah itu kita membuat tabel dalam pembuatan table di sini sebenarnya hampir sama dengan membuat table pada mysql dan di sini saya membuat table dengan nama table "teman" , berikut contoh field fieldnya :



 catatan :


- create table ''namatable'' yang ingin kalian buat (

- nama char(50),

- no_hp char(15),

- jk char(2)

- );

Type Data.
Untuk type data hampir sama dengan sql tapi di postgres ini ada salah satu type data yaitu uuid. uuid ini hampir sama dengan type data ketika kita membuat contoh field id. yang typenya adalah biasanya jika di mysql yaitu int(integer). tapi uuid memiliki kelebihan yaitu apabila kita menggunakan type uuid ini maka nanti field yang kita masukan untuk uuid ini akan berbentukekripsi seperti MD5. dan ini adalah salah satu kelebihan dari security postgres yang nantinya tidak bisa mudah di hack.
Dan berikut ini saya akan memberikan cara untuk membuat typte data uuid.
 
Ini untuk  membuat type uuid. Untuk menggunakan UUID kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan menggunakan extension.


Setelah itu tambahkan kolom yang akan menggunakan type uuid. di sini saya mencoba yang menggunakan type uuid adalah kolom field tambah_teman.


Dan untuk melihat hasilnya yaitu menggunakan perintah  
# \d nama tabel , Dan hasilnya seperti gambar berikut ini !

 
Koneksi ke Postgresql.
Untuk membuat script koneksi ke postgresql  hampir sama dengan membuat script untuk koneksi ke mysql. tetapi hanya ada beberapa kelebihan yaitu jika di postgresql kita harus menambahkan variabel posrt. dan posrt untuk postgres adalah 5432.
Dan berikut ini contoh script koneksi ke postgresql.



jika koneksi masih gagal seperti gambar berikut , kita buka terminal lagi untuk membuat password postgresnya terlebih dahulu .



Dan jika konksi sudah berhasil maka akan muncul gambar seperti ini :


Documentasi WorkShop :













 
 
 

 
Share:

0 comments:

Post a Comment

LUPA JAM DAN TANGGAL ???

ivansys66.blogspot.com

ADD MY FACEBOOK

Total Pageviews

About us

Electro
Ivansys. Powered by Blogger.

Like This Theme